Sekilas Informasi Karuna

Memasuki Era Globalisasi saat ini dalam perdagangan bebas (free trading) di dunia perdagangaan, semua negara diharuskan untuk memberi peluang yang sama bagi Perusahaan Asing untuk dapat masuk dan berusaha di negara tersebut. Tidak ada lagi “ batasan-batasan “ yang dulu ditetapkan dengan tujuan melindungi perusahaan lokal supaya lebih unggul dari peusahaan asing.

Pelanggan yang semakin hari semakin kritis, biaya produksi yang semakin tinggi, munculnya pesain baru dan tuntutan dari stakeholders yang juga semakin tinggi, membuat perusahaan dituntut untuk memperbaiki kinerjanya. Hanya perusahaan yang memiliki kernerja terbaik dalam segala aspek yang akan mampu bertahan.

Semua permasalah tersebut menjadi salah satu bagi managament PT. Karuna Sumber Jaya untuk segera memperbaiki sistem internal di dalam perusahaan yang diharapkan dapat memperbaiki kenerja Perusahaan di dalam berbagai aspek. Supaya sistem internal yang diterapkan dapat mengikuti perubahan dalam dunia usaha dan merupakan sistem yang bertaraf International, maka managament PT. Karuna Sumber Jaya memutuskan untuk mengadopsi Standard Sistem Manajemen Mutu IS0 9001-2008.

Selain itu juga untuk memenuhi persyaratan dari pemerintah yang terkait dengan bidang usaha dan produk yang dihasilkan, maka penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001-2008 di PT. Karuna Sumber Jaya juga mengacu kepada Pesyaratan ISPM #15 dari Badan Karantina Pertanian (BARANTAN) yang tercantum pada Pedoman Registrasi Perusahaan Kemasan Kayu ISPM #15.

Selain itu Manajemen juga telah melakukan beberapa kali penelitian secara terus menerus mengenai kondisi Kayu yang dipergunakan di Indonesia, dampak setelah perlakuan ISPM #15, Kayu yang dipergunakan sudah barang tentu sangat berbeda dengan Kayu yang di pergunakan oleh pihak-pihak yang menciptakan Standard ISPM #15 di Eropa. Di Eropa hanya menggunakan 1 jenis saja yaitu Kayu Pinus sedangkan di Indonesia yang sangat kaya dengan keanekaragaman Hayati menggunakan bermacam-macam jenis kayu yang kadang-kadang tidak diketahui jenisnya.

Untuk mendukung penelitian tersebut Manajemen bekerja sama dengan Lembaga Penelitian, Pendidikan, serta ahli-ahli yang berkompeten seperti di bidang Pengawetan Kayu, Jamur Kayu, Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT), Kimia Kayu, Kimia Murni dan lain sebagainya dalam upaya menghasilkan suatu Metode yang ramah lingkungan serta cocok dengan situasi dan kondisi di negara Indonesia yang beriklim tropis serta lembab. Kondisi ini menyebabkan Hama & Penyakit Tanaman sangat resisten/tahan terhadap lingkungannya.

Pada akhirnya Manajemen mengharapkan agar penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 yang berlandaskan persyaratan ISPM #15 dari BARANTAN melalui Pedoman Registrasi Perusahaan Kemasan Kayu ISPM #15 (Rev.4) yang membantu PT. Karuna Sumber Jaya menjadi Perusahaan yang selalu terfokus pada peningkatan kinerja kerjanya sehingga dapat memuaskan para stakeholdersnya yaitu Manajemen, Pelanggan, Pemerintah serta Masyarakat pada umumnya dan juga bertanggung jawab pada Lingkungan khususnya sehingga Kita bisa meninggalkan sesuatu yang baik bagi anak cucu kita yang merupakan generasi berikut dalam membangun Bangsa dan Tanah Air yang kaya serta kita cintai ini.

logo-ksj2013