Asumsi Pemakaian Pallet Priok - Pengemasan dan Transportasi

Indeks Artikel
Asumsi Pemakaian Pallet Priok
Heat Treatment (HT).
Fumigasi
Pertumbuhan Ekspor 2009 Akan Menurun
Pemerintah Siapkan Revisi Target Ekspor 2009
Ekspor-Impor Anjlok, Bisnis Ekspedisi Limbung
Ekonomi
Ekspor 2009 akan turun sekitar 50
Prediksi Pertumbuhan Ekspor 2009 Minus
Target Ekspor 2009 Direvisi
Pengemasan dan Transportasi
Kemasan Kayu:
Entry Requirements
Seluruh halaman

Pengemasan dan Transportasi

Selain truk, umumnya barang-barang impor memasuki Kanada lewat laut, biasanya dalam unit kontainer berukuran 20' - 40'. Pengiriman kecil biasanya diberikan pada konsolidator yang membuat muatan kontainer (LCL). Persyaratan untuk surat-surat bea cukai (faktur, sertifikat negara asal, catatan fumigasi, formulir pernyataan impor, dll) diatur oleh Canada Border Service Agency. Karena tarif bea masuk tergantung pada lokasi negara asal produk, sertifikat negara asal sangat penting bagi eksportir dan importir.

Umumnya, kotak kemasan harus dilabeli dalam bahasa Inggris dan Perancis dengan informasi berikut:

  • Nama dan jenis produk;
  • Berat kotak dalam pon dan kilogram dan jumlah barang per container;
  • Ukuran kotak;
  • Negara (dan daerah, bila ada) asal;
  • Nama dan alamat pihak manufaktur atau eksportir;
  • UPC/PLU atau barcode lainnya, identik dengang yang ada di tiap produk;
  • Nomor lot (untuk mengidentifikasi pengiriman individu).

Haruslah ada konsistensi pada ukuran dan kemasan paket, pemuatan kontainer yang teratur, tanda pengiriman di master pack dan nomor artikel di pembungkus bagian dalam. Kontainer pengiriman harus ditandai atau ditulis dengan jelas minimal di dua sisi dengan semua penanda kode dan dengan tinta tahan air. Karena buyer biasanya menggunakan kemasan yang sama untuk mengirimkan produk keluar dari gudang mereka, paket tersebut haruslah cukup kokoh untuk penanganan berkali-kali. Kemasan satuan haruslah rapi dan erat untuk melindungi isi dan menjaga kualitasnya; material yang digunakan haruslah aman dan higienis dan harga yang seimbang dengan isinya. Karton harus tahan benturan dan guncangan. Karton bergelombang yang tahan uji sebesar dua ratus pon adalah yang umum dipakai, dengan material bagian dalam yang mencukupi untuk menghindarkan dari rusaknya permukaan cat/lapisan. Komponen harus dibungkus dalam kemasan plastik dan karton yang tertutup rapat untuk mencegah kelembaban selama transportasi. Dengan alasan lingkungan, kemasan yang bisa digunakan kembali lebih disukai daripada yang sekali pakai. Pengemasan yang sesuai sangat penting karena pengemasan yang dibawah standar akan merusak produk dan menciptakan masalah bagi importir sewaktu membersihkan dan memasarkan produk tersebut. Importir tersebut mungkin akan menolak untuk melakukan bisnis lebih jauh dengan supplier yang bersangkutan.

Biaya pengiriman mencakup sebagian besar dari biaya pendaratan, mulai dari 10% sampai 25% untuk produk-produk yang lebih besar. Karenanya, eksportir di beberapa negara mulai menerapkan beberapa prosedur berikut untuk pengiriman:

  • Komponen besar untuk dirakit di Kanada;
  • Flat pack komposit, unit siap rakit untuk perakitan pabrik dan penyelesaian akhir;
  • Flat pack komposit, sudah selesai dan siap dirakit oleh konsumen.

Kemasan furniture haruslah dibungkus dengan rapi dan ketat untuk melindungi isi dan menjaga kualitas; bahan yang digunakan haruslah aman dan higienis dan dengan harga yang sebanding dengan isi kemasan. Karton harus melewati uji guncangan dan benturan. Karton bergelombang dua ratus pon adalah yang umum, dengan bahan interior yang memadai untuk mencegah kerusakan pada lapisan permukaan. Komponen harus dikemas dalam kemasan plastik dan karton yang tersegel rapat untuk mencegah penyerapan kelembaban selama transportasi.

comm2



logo-ksj2013