Asumsi Pemakaian Pallet Priok - Ekspor 2009 akan turun sekitar 50

Indeks Artikel
Asumsi Pemakaian Pallet Priok
Heat Treatment (HT).
Fumigasi
Pertumbuhan Ekspor 2009 Akan Menurun
Pemerintah Siapkan Revisi Target Ekspor 2009
Ekspor-Impor Anjlok, Bisnis Ekspedisi Limbung
Ekonomi
Ekspor 2009 akan turun sekitar 50
Prediksi Pertumbuhan Ekspor 2009 Minus
Target Ekspor 2009 Direvisi
Pengemasan dan Transportasi
Kemasan Kayu:
Entry Requirements
Seluruh halaman

sindo1

JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) memprediksikan ekspor 2009 akan turun sekitar 50% dibanding tahun lalu. Padahal, berdasarkan data statistik tahun 2008 lalu, ekspor sudah mengalami penurunan 36%.

Demikian diungkapkan oleh Ketua Umum Kadin MS Hidayat dalam CEO Dialogue Forum Indonesia - Korea, di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Sabtu (7/3/2009).

"Penurunan tersebut kita antisipasi dengan dua cara yaitu memperkuat demand domestik dan memperketat impor barang konsumsi yang sudah ada subtitusinya di pasar nasional kecuali impor barang modal dan raw materials," ujarnya.

Selain itu perlu juga untuk mencari pasar baru untuk mengembangkan pasar ekspor meskipun kondisi saat ini masih sulit. Hidayat mencontohkan bahwa kondisi negara-negara ASEAN saat jauh lebih berat dari kita.

Hidayat menyebutkan kendalanya saat ini adalah banking networking yang belum tentu bisa match, yang bisa langsung memperkuat pasar domestik. Menurutnya, penurunan BI Rate tidak bisa mendorong suku bunga pinjaman untuk langsung turun.

"Saya akan ambil inisiatif untuk bicara dengan BI dan perbankan. Kalau perbankan tidak mau ambil risiko seperti sekarang, berarti tidak mendukung sektor riil yang diperlukan untuk menunjang perekonomian domestik," pungkasnya. (rhs)

 



logo-ksj2013