Asumsi Pemakaian Pallet Priok - Prediksi Pertumbuhan Ekspor 2009 Minus

Indeks Artikel
Asumsi Pemakaian Pallet Priok
Heat Treatment (HT).
Fumigasi
Pertumbuhan Ekspor 2009 Akan Menurun
Pemerintah Siapkan Revisi Target Ekspor 2009
Ekspor-Impor Anjlok, Bisnis Ekspedisi Limbung
Ekonomi
Ekspor 2009 akan turun sekitar 50
Prediksi Pertumbuhan Ekspor 2009 Minus
Target Ekspor 2009 Direvisi
Pengemasan dan Transportasi
Kemasan Kayu:
Entry Requirements
Seluruh halaman

Prediksi Pertumbuhan Ekspor 2009 Minus

Senin, 09 Februari 2009 10:36 Redaksi-1

Pertumbuhan ekspor perlu diwaspadai, seiring menurunnya permintaan ekspor dari pasar internasional. Tak sedikit pula, banyak negara yang berkecenderungan melakukan proteksi. Bahkan ada prediksi pertumbuhan ekspor nonmigas (tidak termasuk batubara) pada tahun 2009 akan tumbuh minus 3%.

Penurunan permintaan pasar internasional karena dampak krisis global akan sangat berpengaruh terhadap ekspor Indonesia, terutama sangat berpengaruh terhadap industri yang berorientasi ekspor. Ditambah lagi, kebijakan yang mengarah pada proteksi cenderung dilakukan, seperti AS yang akan menerapkan regulasi untuk mendorong belanja produk lokal.

Keadaan-keadaan seperti ini bukan tidak mungkin akan menurunkan kinerja ekspor Indonesia. Belum lama ini dikatakan oleh Pengamat Ekonomi Iman Sugema di Jakarta, diprediksikan pertumbuhan ekspor nonmigas tidak termasuk batubara minus 3% di tahun 2009.

Menurutnya, turunnya permintaan dari dunia akan sangat berdampak pada ekspor negara-negara berkembang. Paling optimis pertumbuhan tahun ini sebesar 0%.

“Kalau output yang dibutuhkan oleh permintaan dunia turun, yang paling terkena adalah ekspor dari negara berkembang perkiraan paling optimis tahun ini hanya 0%,” kata Iman.

Dampak paling buruk dengan terjadinya pertumbuhan ekspor yang rendah akan merambah pedesaan. Terutama berpengaruh terhadap pendapatan pekerja yang akan turut berkurang pula, pekerja industri manufaktur dan industri dasar. Menurut Iman Sugema, sebagian gaji pada umumnya dikirim keluarga di desa.

Apalagi kalau terjadi pemutusan hubungan kerja,otomatis perekonomian pedesaan turut bergejolak. Iman mengusulkan, stimulus pajak yang dikeluarkan pemerintah sebaiknya digunakan sebagai investasi langsung supaya perekonomian tetap berjalan.

Ihsan-asisten



logo-ksj2013